Thursday, August 17, 2017

Cara mudah budidaya lele di kolam terpal

Gudanglele.com - Ikan lele merupakan salah satu ikan yang banyak di jumpai di warung pecel lele terutama di pinggir jalan raya. Banyak yang... thumbnail 1 summary
Gudanglele.com - Ikan lele merupakan salah satu ikan yang banyak di jumpai di warung pecel lele terutama di pinggir jalan raya. Banyak yang menjual ikan dengan harga yang murah namun tidak mengabaikan rasa dari ikan lele ini. Seiring dengan banyaknya orang yang menjual lele ini maka peluang untuk berbisnis ikan lele dengan cara membudidayakannya terbuka lebar dan menguntungkan. Bagaimana cara mudah untuk membudidayakan lele dikolam terpal ? Simak kelanjutannya dibawah ini.

Persiapan kolam terpal / Konstruksi kolam terpal


Pada tahap awal ini hal pertama yang kita siapkan adalah kolam ikannya. Kali ini kita akan menggunakan terpal sebagai tempat pelihara ikan. Mengingat cost/biaya terpal tidak terlalu mahal maka banyak orang cenderung menggunakan terpal sebagai konstruksi kolamnya.


Harga kolam terpal kurang lebih 10.000 per m ( harga kami ambil rata2 di pasaran ). Sebagai gambaran , untuk membuat kolam terpal berukuran 5 x 2 m dibutuhkan terpal dengan ukuran 8 x 5 m atau 40m persegi. Jika dikalikan dengan harga terpal per meter maka biayanya adalah ( 10.000 x 40 ) = 400.000 ( jauh lebih murah dibanding dengan pembuatan kolam tembok

Dibawah ini referensi yang bisa dipakai untuk seorang pemula dalam memulai budidaya ikan lele

Ukuran kolam
Ukuran terpal
Harga terpal/m
Total harga terpal
Jumlah ikan
Ket
5 x 2 m
8 x 5 m
10.000
400.000
1.000
Skala belajar
10 x 5 m
8 x 13 m
10.000
1.040.000
5.000
Skala usaha
12 x 8 m
15 x 11 m
10.000
1.650.000
10.000
Skala usaha
Note : Harga diambil dari harga saat ini rata-rata dipasaran ( 2017 )

Dasar kolam terpal untuk pembesaran digali sedalam 60 cm . Pasalnya, kedalam kolam pembesaran cukup tinggi, yaitu sekitar 125-130 cm.

Tanah galian tidak perlu dibuang namun dipakai untuk membuat dinding / tanggul disemua sisi kolam. Tanggul berfungsi menahan berat air. Jika tidak menggunakan tanggul bisa jebol terutama jika ikan menjelang sdh akan dipanen.

Pemilihan bibit ikan lele yang unggul


Bibit atau benih lele yang unggul dapat kita lihat dengan memperhatikan ciri–cirinya, yaitu: bibit lele aktif, gesit, gerakannya lincah dan warnanya terang atau cerah dan punya ukuran yang kurang lebihnya terlihat sama.


Penebaran benih juga tidak boleh asal, tidak boleh terlalu padat. Paling banyak 200 – 400 benih tiap 400 meter persegi. Bibit juga jangan langsung dimasukan ke kolam tapi taruh dulu dalam wadah untuk tahap perendaman selama kurang lebih 30 menit, bertujuan agar bibit atau benih tidak kaget saat masuk habitat baru, jadi perlu ada penyesuaian suhu dan air dulu. Penebaran benih sebaiknya dilakukan pada saat pagi atau malam hari, dimana kondisi air relatif stabil tidak terlalu panas.

Persiapan pemberian pakan


Pakan bisa diberikan 2 atau 3 kali sehari, biasanya dilakukan 3 kali pada jam 7 pagi, 5 sore dan 10 malam. Makanan bisa juga di berikan 4 kali, tergantung pada kebutuhan ikan itu sendiri dan sebagai hewan nokturnal yang aktif malam hari maka pemberian pakan di perbanyak sore serta malam harinya.


Biasanya ikan lele makanan utamanya adalah pelet, kita dapat membeli pelet di toko dengan beragam merk. Usahakan di dalamnya mengandung nutrisi yang dibutuhkan ikan, seperti: protein hewani minimal 35%, lemak 10 – 16%, karbohidrat 15 – 25%, vitamin dan mineral. Jangan beri makan terlalu berlebihan karena sisa pakan yang tidak terkonsumsi akan mengendap dan menimbulkan racun atau amonia yang bisa menimbulkan berbagai macam jenis penyakit pada ikan lele. Tetapi juga jangan sampai kurang atau telat, sebagai hewan yang bersifat kanibal, lele akan makan sesamanya untuk memenuhi kebutuhan pakan yang kurang.

Selain palet, ikan lele juga bisa diberi makanan alami lain, seperti: bekicot, kerang, keong emas dan lainnya yang ada di sekitar. Makanan alami ini selain menghemat pengeluaran juga bermanfaat menunjang kebutuhan gizi dari ikan lele. Ada juga yang memberi pakan alami berupa Kroto Semut Rangrang hasil budidaya sendiri, konon katanya pakan ini lebih efisien dan efektif untuk ikan lele, jadi praktis dan jauh lebih hemat yah.

Perawatan


Proses penguapan akan membuat air di dalam kolam berkurang maka perlu tambahkan air sampai tingkat air kembali ke posisi normal, jangan sampai terlalu dangkal agar lele tidak mati karena lelah dan kepanasan. Ketinggian air juga bergantung usia lele, pada bulan pertama ketinggian air 20 cm, pada bulan ke dua 40 cm dan pada bulan ke tiga 80 cm.

Air yang berwarna hijau (green water) adalah kualitas air yang baik untuk ikan lele, karena lele tidak suka air jernih dan air akan berubah berwarna merah ketika ikan sudah dewasa saatnya untuk siap di panen. Perlu ditaruh tanaman peneduh, seperti: kangkung, daun talas dan eceng gondok. Selain berfungsi sebagai tanaman peneduh, juga dapat menyerap racun, bakteri dan parasit yang terkandung dalam air kolam.

Pergantian air kolam juga diperlukan, meskipun lele termasuk jenis ikan yang tahan pada berbagai kondisi dan jenis air. Akan tetapi kondisi air yang tidak diganti dalam jangka waktu lama akan menyebabkan air jadi bau dan berdampak pada munculnya bebagai penyakit yang bisa menyerang lele. Pergantian air sebaiknya dilakukan dengan membuang 10 – 30% air di kolam dan menambahkannya kembali dengan jumlah yang sama, bukan mengganti keseluruhan air kolam. Penggantian air bisa dilakukan seminggu sekali atau 2 minggu sekali atau bisa juga tidak perlu sesering itu, yang terpenting gantilah saat airnya sudah berbau dan lele banyak yang mengambang.

Untuk pengendalian hama sendiri, karena ditempatkan di pekarangan rumah maka terhindar dari burung pemangsa, ular sawah dan binatang predator lain. Tapi untuk jaga – jaga bisa buat jaring di atas kolam agar tidak dimasuki hewan liar atau hewan peliharaan yang bisa memakan benih lele. Untuk penyakit lele dapat diberi obat-obatan yang banyak tersedia di toko perikanan, bergantung pada jenis penyakitnya.

Persiapan masa panen ikan lele

Horeee , waktunya panen lele



Masa persiapan panen ini adalah jika ukuran ikan lele sdh mencapai uk 7-10 / kg . Karena biasanya size yang dibutuhkan di pasaran sekilo isi 7-10. Sebelum dipanen siapkan juga semua peralatannya seperti :
  • Jaring ikan
  • Seser ikan
  • Sortiran ikan
  • Bak / drum untuk menampung ikan
Selamat mencoba budidaya ikan lele ^_^
Diskusi budidaya lele

Penulis

Penulis saat ini mengelola Supplier Produk Hidroponik & Agriculture Shop