Wednesday, June 15, 2016

Rohaya Bangun Rumah & Kebun Kelapa Sawit Dari Budidaya Ikan, Patut dicontoh

Gudang lele - Rohaya, Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Tiat Mutiara Koba Kabupaten Bangka Tengah berhasil membuat rumah dan berinv... thumbnail 1 summary
Gudang lele - Rohaya, Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Tiat Mutiara Koba Kabupaten Bangka Tengah berhasil membuat rumah dan berinvestasi kebun sawit sekitar 400-an batang (tiga hektare lebih luas lahan) dari hasil usaha budidaya ikan lele, patin, dan bawal di kolam belakang rumahnya.
Rohaya

Hal ini diungkapkan Rohaya kepada para peserta pelatihan mitra tani DKP Kabupaten Bangka yang melaksanakan orientasi lapangan ke Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (20/5/2014).
“Alhamdulillah pak saya memulai usaha budidaya ikan air tawar ini sekitar tahun 2010 sampai saat ini. Dulunya suami saya bekerja sebagai operator alat berat, tapi sekarang ini sudah berhenti dan ikut serta melakukan budidaya ikan di kolam belakang rumah kami ini,” kata Rohaya yang juga pengurus UPP Perikanan Budidaya Kabupaten Bangka Tengah.

Diungkapkan Rohaya, dalam satu bulan ia bisa menyalurkan ikan konsumsi 2-3 ton. Bila stok ikan di kelompoknya sedang kosong, ia juga menampung hasil panen ikan dari kelompok lainnya.
“Disini biaya produksi untuk pakan ikan bisa ditekan, karena menggunakan pakan alternatif ikan kering dengan harga Rp 4.500/kg, sedangkan kalau menggunakan pelet harga mencapai Rp 11.000/kg,” jelas Rohaya. (Sumber : Tribun News)
Diskusi budidaya lele

No comments

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar yang baik dan sopan ^_^

Penulis

Penulis saat ini mengelola Supplier Produk Hidroponik & Agriculture Shop